DUKA PENDIDIKAN DI WILAYAH PEDALAMAN



Duka Pendidikan Di Wilayah Pedalaman

Keberhasilan suatu Negara tidak hanya ditentukan oleh perkembangan politiknya saja maupun perkembangan ekonominya juga. Tetapi, keberhasilan suatu Negara dapat ditentukan juga oleh tingkat perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam hal ini, perkembangan dunia pendidikannya. Dimana Negara Indonesia, merupakan Negara yang masih dalam tahap atau termasuk dalam Negara berkembang.Jadi, jika Negara Indonesia ini ingin berkembang menuju Negara yang dapat  lebih berkembang lagi atau menuju negara yang lebih maju sesuai dengan visi dan misi yang ingin dicapainya. seharusnya Negara ini, tidak hanya memperhatikan serta meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan yang berada di ibu kota saja serta di kota-kota besar lainnya.Melainkan seharusnya pemerintahan atau Negara ini juga harus memperhatikan serta meningkatan kemajuan pendidikan di wilayah-wilayah terpencil seperti di wilayah pendalaman, yang masih jauh dari perhatian pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah, hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintahan pusat maupun  pemerintahan daerah,antara lain dari segi aspek transportasinya, kesenjangan ekonomi masyarakat setempat, serta infrastruktur sekolah yang tidak memadai.





Mirisnya pendidikan di daerah pedalaman. Pendidikan di daerah pedalaman masih jauh dari kata layak dari segi tempat belajar mengajarnya, jika dilihat dari aspek ekonomi penduduknya yang rata-rata bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan, yang dapat dikategorikan masyarakatnya miskin(masyarakat kurang mampu). Jika kita bandingkan antara sekolah-sekolah yang berada di daerah perkotaan dengan sekolah-sekolah yang berada di daerah pedalaman-pedalaman, sangat berbanding terbalik dan berbeda sekali. Di daerah perkotaan sekolah-sekolah secara keseluruhan mempunyai sarana dan prasarana yang sangat memadai, seperti tersedianya fasilitas computer, laboraturium, serta ada juga sekolah-sekolah yang sudah tersedianya jaringan Ineternet maupun Wi Fi. Selain itu, sekolah di daerah perkotaan juga memiliki tenaga pengajar atau guru-guru yang dalam mengajar bidang studinya sesuai dengan kemampuannya.Tetapi, lain halnya dengan sekolah-sekolah yang berada di  daerah pedalaman-pedalaman. Meskipun ada sebagian bangunan sekolah yang sudah berdindingkan tembok, tetapi tidak memiliki sarana dan prasarana yang tidak memadai atau dapat dikatakan sarana dan prasarana yang tidak mendukung dalam proses belajar mengajar.
ketertinggalannnya pendidikan di daerah pedalaman, bukan hanya disebabkan oleh faktor-faktor tidak tersedianya sarana dan prasarana saja. Faktor lain yang mendukung ketertinggalannya pendidikan di daerah pedalaman ialah tenaga pendidik atau pengajar. Secara tidak keseluruhan, tenaga pengajar yang berada di pedalaman-pedalaman kurang mendapat perhatian dari pemerintahan daerah.dimana rumah-rumah yang mereka tempati hanya berdindingkan dari pelepah sagu serta susah untuk mendapatkan lauk pauk, para pengajar biasanya hanya makan makanan instan yang sudah mereka bawa dari kota saja.Selain faktor diatas, terdapat juga faktor lain yang dapat menghambat terciptannya generasi-generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk masa depan yang akan datang. Faktor itu tidak lain ialah orang tua wali murid. Tetapi pada kenyataannya jika pada tahap pembagian hasil belajar yang telah dilakukan selama berbulan- bulan (pembagian raport), tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh orang tuanya atau dengan kata lain anak mereka tidak naik kelas. Para wali murid semuanya marah-marah atau tidak terima, mengapa anak mereka tidak naik kelas atau bahkan tidak lulus. Para orang tua tidak terima anak mereka tidak naik kelas,dengan menggunakan cara kekerasan. Seharusnya orang tua dapat mengerti bagaimana dan mengapa sampai bisa anak-anak mereka tidak naik kelas atau tidak lulus, sebagai orang tua harusnya dapat mengintropeksi dirinya sendiri, sehingga hal-hal seperti ini dapat terjadi dan bukan hanya dapat menyalahkan seorang pendidik saja terus-menerus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK KUSUMA WARDHANA KOTA BOGOR

SISTEM PENDIDIKAN DI ARAB SAUDI

PENDIDIKAN MASYARAKAT BADUY DAN FILOSOFI SUKU BADUY